Kehebatan Do'a


Do'a yang dikabulkan

Ada tiga do'a yang dikabulkan dengan tidak ada keraguan lagi;

1. Do'a orang tua untuk anaknya
2. Do'a orang musafir
3. Do'a orang yang dianiaya


Do'a orang teraniaya
Diriwayatkan dari Nabi Saw. "Takutlah kamu kepada do'a orang yang dianiaya, karena sesungguhnya tidak ada penghalang antara do'a orang yang dianiaya dengan Allah Swt.

Sebab do’a tidak diterima

Ibrahim bin Adham ditanya, kenapa kami berdo'a tapi do'a kami belum diijabah oleh Allah Swt. Beliau menjawab ada 5 hal yang menyebabkan hal itu terjadi;

1. Kamu mengenal Allah namun tidak melaksanakan kewajiban kepada Nya.
2. Kamu membaca Al Qur'an namun tidak mengamalkan isinya.
3. Kamu berkata 'cinta kepada Rasulullah' namun meninggalkan sunnahnya.
4. Kamu berkata 'mengutuk syetan' namun mengikuti langkahnya.
5. Kamu melupakan aibmu namun menyibukkan diri dengan aib orang lain.

Kekuatan Do’a

* Do'a adalah sebab dan factor yang paling kuat guna menolak segala sesuatu yang tidak diinginkan atau tercapainya tujuan dan cita-cita.
* Akan tetapi terkadang do'a itu tidak ada hasilnya, mungkin karena orang yang berdo'a tidak bersungguh-sungguh sehingga do'anya tidak diterima oleh Allah Swt, sebab ia masih mengerjakan perbuatan yang dimurkai Allah.
* Bisa juga disebabkan lemahnya jiwa orang yang berdo'a dan kurang menghadapkan do'anya kepada Allah Swt, serta kurang memusatkan do'anya kepada Allah sewaktu berdo'a. atau mungkin juga adanya penghalang untuk dikabulkan sebab dari memakan makanan yang haram atau perbuatan aniaya atau kotoran dosa yang menutupi hatinya, sehingga ia selalu dikuasai oleh kelengahan, kelalaian dan hawa nafsu.

Rasulullah saw bersabda,

* "Ketahuilah olehmu bahwa sesungguhnya Allah tidak akan mengabulkan do'a orang yang hatinya lalai".

Allah Menjawab do’a Mukmin

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang aku, Maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (Al-Baqarah:186).

Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku[1326] akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina". (Al-Mu’min:60).
[1326] yang dimaksud dengan menyembah-Ku di sini ialah berdoa kepada-Ku.

src : http://na2t.multiply.com/journal/item/20/Kehebatan_Doa

Comments

Popular posts from this blog

Doa Haikal dan khasiatnya

Kalau nak senang bangun malam...

JENIS-JENIS SOLAT